Apakah Amerika Ditemukan Sebelum Kedatangan Columbus?

 
Ketika kita mengatakan "ditemukan", kita biasanya mempunyai arti yang sangat khusus di dalam pikiran. Maksudnya bahwa orang-orang dari suatu peradaban datang ke suatu daerah dimana tidak seorang pun yang datang dari mereka sebelumnya. Sebagaimana yang kamu ketahui, seorang penyelidik sering kali menemukan orang dan peradaban yang telah hidup di tempat yang ia "temukan". Mengapa tidak mengatakan orang-orang ini telah menemukan daerah itu sebelumnya?

Dari sudut pandang peradaban Barat, kita mengatakan bahwa Columbus menemukan Amerika. Ini karena setelah penemuannya Dunia Baru yang ia temukan mulai dikunjungi dan akhirnya didiami dari Dunia Lama. Tetapi 500 tahun sebelum Columbus dilahirkan, orang-orang Norwegia telah mengadakan sedikit "penemuan" juga. Mereka berlayar ke barat untuk menemukan Iceland, kemudian Greenland dan terakhir tanah daratan Amerika.

Tahukah kamu bahwa orang-orang China menceritakan pelayaran awalnya oleh pelaut-pelaut China untuk menemukan apa yang telah menjadi California? Orang-orang dari pulau-pulau Laut Selatan masih mengagungkan orang-orang besar di masa lampau mereka yang berlayar ke Amerika Selatan lama sebelum orang-orang kulit putih mencapai Amerika Selatan atau Kepulauan Laut Selatan.

Sepanjang pengetahuan kita, mugkin telah ada banyak zaman penjelajahan ribuan tahun yang lalu. Tentu saja ada zaman penjelajahan seperti zaman Columbus. Mungkin kita dapat mengatakan bahwa baik Columbus maupun orang-orang Norwegia sebelumnya tidak "menemukan" Amerika. Apakah orang Indian telah hidup di sini selama berabad-abad sebelum orang-orang kulit putih tiba?

Siapa yang dapat mengatakan bahwa mereka tidak berangkat berlayar untuk suatu penemuan? Konon bahwa mereka berasal dari Asia, walaupun kita tidak mengetahui kapan atau bagaimana mereka melakukan perjalanan itu. Kemungkinan besar mereka mencapai Amerika selama berabad-abad dan dengan melewati jalan yang berbeda-beda. Kemungkinan besar mereka juga mengirimkan pengintai-pengintai mereka untuk mencari jalan-jalan melaui darat atau laut. Pengintai-pengintai ini adalah penjelajah-penjelajah mereka dan mungkin sebenarnya merekalah yang menemukan Amerika!

Tidak ada komentar: