Bagaimana Kita Bertumbuh?

Semua Makhluk hidup pasti bertumbuh. Mereka bertumbuh dalam struktur (bentuk, ukuran dan bagaimana hal itu terjadi?) dan dalam fungsi (apa gunanya?).

Kekuatan-kekuatan yang paling penting yang menyebabkan pertumbuhan terdapat di dalam makhluk hidup sejak permulaannya. Kekuatan-kekuatan itu dinamakan pembawaan. Hewan-hewan, termasuk manusia, mempunyai tahap-tahap pertumbuhan. Tahap-tahap ini adalah embrio dan janin (belum dilahirkan), bayi, anak, remaja, dewasa dan usia tua.

Beberapa makhluk hampir tidak mengalami masa bayi. Beberapa burung dapat terbang segera setelah menetas. Marmut dapat menjaga dirinya sendiri tiga hari setelah dilahirkan. Manusia belum dewasa sebelum ia mencapai usia 20 tahun.

Ketika dilahirkan seorang bayi telah mempunyai semua sel saraf yang dimilikinya untuk selamanya. Sel-sel di dalam otaknya, di dalam tulang belakangnya dan sel-sel yang terdapat di setiap bagian tubuhnya. Pertumbuhan sendi-sendi antara sel-sel saraf ini akan membuatnya dapat mengendalikan gerakan-gerakannya, mempelajari dan berperilaku seperti orang-orang di masyarakatnya.

Jadi, semua manusia sama persis dalam pertumbuhan mereka. Tetapi ada perbedaan-perbedaan penting. Anak laki-laki dan anak perempuan semuanya mengikuti jalan pertumbuhan yang umum, tetapi masing-masing orang mengikutinya dengan caranya sendiri dan dengan kecepatannya sendiri.

Tubuh orang bertumbuh lebih cepat dalam minggu-minggu pertama kehidupannya daripada waktu lainnya. Bahkan sebelum berakhirnya tahun pertama, mereka tumbuh agak lambat. Selama masa kanak-kanak, mereka tumbuh dengan kecepatan sedang. Kemudian pertumbuhan mulai menjadi cepat kembali.

Bagi gadis-gadis, pertumbuhan biasanya dimulai antara usia 11 dan 13 tahun dan bagi anak laki-laki antara usia 12 dan 14 tahun. Untuk sesaat mereka tumbuh lebih cepat sampai mereka mencapai kekuatan puncak. Kemudian pertumbuhan mereka menjadi lambat kembali sampai pertumbuhan dalam tinggi badan berhenti secara serentak. Mereka telah mencapai ukuran penuh.


Pertumbuhan dalam tinggi badan dan berat badan sering kali terjadi secara bergiliran dalam diri seseorang. Pertama-tama ia bertumbuh ke arah atas untuk sejenak, kemudian ke arah samping. Bagi banyak orang, ada masa "gemuk" yang terjadi pada usia sekitar 11 atau 12 tahun. Tetapi kemudian tinggi mereka mulai menyusul pada tahun-tahun berikutnya dan kegemukan itu akan berlalu.

Tidak ada komentar: